animasi blog
Defender Black Blue
Selamat Datang di Blog Seputar Militer

Kamis, 24 November 2016

BPM-97
REINKARNASI BTR-40



BPM-97 (Boyevaya Pogranichnaya Mashina -97) yang berarti ranpur penjaga perbatasan, dan angka 97 yang menunjukkan tahun proyek kendaraan ini dijalankan. BPM-97 adalah sebutan resmi militer Russia untuk kendaraan produksi Kamskiy Avtomobilny Zavod (KamAZ). Pihak pabrikan sendiri memberinya nama KamAZ 43269 Vystrel (Shot: Inggris). BPM-97 dirancang untuk menggantikan wahana transportasi utama penjaga perbatasan Russia yang sangat panjang, yang selama ini mengandalkan truk serba guna GAZ-66. Gagasan pengembangannya muncul dari Andrei Nikolaev yang saat itu menjabat sebagai Kepala Layanan Penjaga Perbatasan Russia (Russian Border Guard Service).

BPM-97 dibangun berdasar sasis truk serbaguna KamAZ 43269. Lambung kendaraan dibangun pabrik Kurgan yang juga pembuat ranpur infanteri BPM-3. Setelah itu hull lengkap diangkut ke pabrik KamAZ-JSC Remdizel yang berlokasi di Naberezhnye Chelny untuk diintegrasikan dengan komponen otomotif dan peralatan lainnya. Tingkat rendah produksi BPM-97 mulai dibangun pada 1999 untuk memenuhi Departemen Dalam Negeri sebagai kendaraan patroli perbatasan. Pada tahun 2005, ranpur ini juga dipesan oleh Kementrian Dalam Negeri Azerbaijan dan Kazakstan untuk keperluan serupa.

Meski diperuntukkan untuk penjaga perbatasan, BPM-97 dapat digunakan untuk menjalankan escort atau pengawalan logistik, angkut pasukan (APC), ranpur komando, dan ambulan. Pada tahun 2008, varian tempur dipesan oleh Kementrian Pertahanan untuk digunakan AD Russia sebagai pengganti ranpur kelas berat BTR-80 di unit pengintaian dan operasi khusus. Selain digunakan untuk militer, BMP-97 juga ditawarkan untuk keperluan sipil sebagai pengangkut bahan peledak untuk pertambangan serta pengangkut uang.

BPM-97 menyediakan tempat duduk untuk 12 orang termasuk sopir dan komandan. Pasukan masuk-keluar melalui pintu di sisi sepan atau buritan, dan tersedia pula lubang atap palka. Beberapa port disediakan di sisi bodi untuk akses penembakan pasukan dari dalam. BPM-97 didukung mesin diesel turbocharged KamAZ-740.11 depan silinder yang menghasilkan daya 240 hp. Kendaraan ini memiliki kecepatan maksimum pada jalan raya sekitar 90 km/jam dan jarak operasional berkisar 1.100 km. BPM-97 dilengkapi central tyre inflation system dan self-recovery winch sebagai perlengkapan standar. Dalam kabin juga dilengkapi fasilitas AC dan alat pemanas ruangan.

Sebagai kendaraan patroli medan berat di lingkungan daratan Russia yang luas, BPM-97 dirancang untuk beroperasi pada temperatur dingin mulai dari minus 45 derajat celcius sampai panas terik 50 derajat celcius, dengan kelembaban udara relatif sebesar 98%. Kendaraan dapat menegosiasikan kecepatan angin hingga 30 mps di ketinggian hingga 4.500 meter di atas permukaan laut. BPM-97 memiliki ground clearance yang cukup tinggi yakni 36,5 cm. Kendaraan ini dapat dengan mudah mendaki sebuah objek vertikal 0,6 meter dan menyeberangi parit sedalam 1,2 meter.

Sebagai ranpur angkut personel BPM-97 memiliki perlindungan balistik yang mumpuni dengan bagian hull menyeluruh yang tahan terhadap tembakan senapan serbu kaliber 5,56 dan 7,62 mm. Bagian front arc dapat menahan tembakan dari senapan mesin kaliber 12,7 mm dari jarak 300 meter. Sementara bagian bawah, dapat menolak tumbukan proyektil senapan runduk kaliber 7,62 mm pada kisaran jarak 30 meter. Kendaraan memiliki lambung berbentuk V untuk meningkatkan perlindungan bagi para kru terhadap ledakan ranjau darat, kendaraan ini dilengkapi pelat zirah tambahan setebal 16mm untuk tingkat perlindungan balistik yang lebih kuat.

Persenjatan pilihan diusung BPM-97 pada kubah putar di atapnya adalah senapan mesin kaliber 7,62 mm, senapan mesin Kord 12,7 dan KPVT kaliber 14,5 mm atau pelontar granat otomatis AGS-30 kaliber 30 mm. Bisa juga ditambahkan rudal anti-tank dan peluncur untuk granat asap. Sebagai opsional ditawarkan sistem menara bersenjata dengan pengendalian tembak dari dalam kabin (RCWS). Ranpur ini dapat dilengkapi kubah menara satu orang (one-man turret) yang biasa digunakan ranpur BTR-80 lengkap dengan kanon 30mm. Fasilitas pelengkap lainnya yakni perangkat pemindai gerak 360 derajat untuk mengawasi situasi luar serta sistem navigasi dan komunikasi berbasis satelit.
  
Spesifikasi BPM-97 4x4 APC
Awak
2 (sopir+komandan)
Pasukan
10 orang
Berat
10,1 ton
Dimensi
Panjang 5,3 m; Lebar 1,9 m; Tinggi 1,8 m tanpa senjata
Mesin
Diesel turbo KamAZ -740.11 daya 240 hp
Kecepatan maks
90 km/jam
Jarak operasional
1.100 km
Kapasitas BBM
270 liter
Ground clearance
365 mm
Fording
0,8 m
Trench
1,2 m
Vertical step
0,6 m
Gradient
60%
Side slope
30%


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya... Semoga Bermanfaat!!