animasi blog
Defender Black Blue
Selamat Datang di Blog Seputar Militer

Rabu, 28 Desember 2016

STEYR AUG 
ANDALAN GEGANA BRIMOB




Bicara senapan serbu Brimob, khususnya Gegana, pilihannya hanya ada dua, M4 atau Steyr AUG (Armee Universal Gewehr). Diantara keduanya, Steyr AUG lebih dominan karena populasinya lebih banyak. Brimob adalah pengguna setia Steyr AUG dan seluruh keturunannya, mulai dari AUG A1 yang diadopsi pada tahun 1996.


Senapan serbu ini diciptakan secara unik sebagai senapan bullpup atau senapan dengan mekanisme diletakkan di bagian belakang sehingga dimensinya dapat diperpendek, mengingat popor juga difungsikan sebagai rumah mekanisme. Dengan panjang sama dengan M4 CQB dengan laras 10,5”, AUG sudah menggunakan laras 14,5”. Akurasinya jelas lebih oke.

Tubuh Steyr AUG terbagi atas dua, receiver yang terbuat dari polimer dan mengakomodasi popor, lubang magasin, dan pistol frip yang dicetak menyatu dan trigger guard yang  berukuran besar. Receiver memiliki bentuk  tear drop seperti teteesan air terbalik. Bagian atas lebih tebal menjadi sandaran pipi dengan lubang buang selongsong pada kedua sisi untuk mengakomodasi penembak kidal.

Bagian kedua adalah receiver utama berbahan aluminium dengan laburan eloxal antikarat yang menjadi rumah bagi sistem gas, laras, piston, pegangan tangan depan yang bisa dilipat dan juga teleskop bidik terintegrasi. Silinder gas yang berisi piston dipasang pada sisi kanan laras dan memiliki tiga setelan regulator: normal, adverse, dan tertutup total.

Setelah adverse akan mengalirkan banyak gas ke kepala piston dan digunakan apabila medan operasinya kotor dan berbau sehingga mempengaruhi kelancaran gerak piston. Setelah tertutup total membuat seluruh gas akan mengalir ke laras, biasanya dimanfaatkan untuk mendorong TP (Tabung Peluncur) granat.

Salah satu keunggulan AUG adalah larasnya yang bisa diganti-ganti, berkat modularitas laras yang memiliki sitem pengunci dengan delapan lug radial ganda. Pengguna cukup melepas kunci dan memanfaatkan gagang depan yang menempel ke laras untuk memutar dan menarik laras keluar, lalu memasang laras yang baru.

Steyr menyiapkan empat macam kombinasi laras. Mulai dari laras HBAR (Heavy Barrel) sepanjang 621mm untuk mengubah AUG menjadi senapan mesin ringan, laras standar 508mm setara M16, laras compact 350mm setara karabin atau laras medium profile sepanjang 407mm.

Sistem penembakan cukup unik tanpa selektor penembakan. Pengaturan semiotomatis dan otomatis hanya dipengaruhi oleh tarikan pelatuk. Tarikan pelatuk setengah jalan maka tembakan akan semiauto atau tunggal. Tarik pelatuk penuh maka rentetan peluru akan keluar. AUG menggunakan magasin berpola wafel dari bahan polimer tembus pandang, jauh lebih kuat ketimbang magasin standar M16.

Korps Brimob sudah menstandarisasi Steyr AUG varian terbaru, yaitu Steyr AUG A3 dan Steyr AUG A3SF dengan laras 16 inci dan berwarna hitam. Fokus perubahan Steyr AUG A3 dibanding A2 pendahulunya adalah peningkatan unsur modularitas Steyr AUG A3 menjalani redesain pada cetakan dudukan teleskop ke receiver yang kini dibuat lebih ramping sehingga di bagian bawah bisa dipasangi dudukan rel Mil Std-1913 Picattinny yang terpasang pada sudut 45 derajat.

Selain itu pada teleskop yang terintegrasi juga dipasangi rel pada tiga kuadran yaitu jam 9, 12, dan jam 3. Rel ini cukup panjang untuk dipasangi optik tambahan, senter atau pembidik laser. Perubahan lainnya dapat dipergoki pada muzzle brake yang kini dibuat dua kali tingkat radial. Teleskop memiliki pembersaran 1,5x dengan setelah simpangan angin melalui kenop di sisi kanan dan setelah jarak di sisi atas. Tersedia posor pejera cadangan kecil di ujung-ujung teleskop.

Sementara Steyr AUG A3SF diciptakan dari baris serupa dengan Steyr AUG A3, tetapi dimodifikasi untuk meningkatkan modularitas. Steyr AUG A3SF tidak lagi dilengkapi optik terpantek mati, digantikan dudukan rel Picattinny di bagian atas setinggi 20MOA sehingga pengguna bebas memasang optik apapun sesuai preferensinya.


Steyr tetap memberikan optik bawaan dengan pembesaran 3x. Perubahan lain bisa dilihat pada gagang depan terintegrasi yang dihilangkan pada AUG A3SF digantikan dudukan rel Picattinny memanjang sampai sisi bawah laras. Sehingga pengguna bisa menempatkan gagang depan sesuai merk dikehendakinya. Steyr memberikan gagang bawaan berbentuk gemuk sehingga nyaman digenggam. Baik Steyr A3 dan A3SF sudah memiliki kemampuan OTB (Over The Beach) alias bisa langsung ditembakkan begitu keluar dari dalam air.

Spesifikasi Steyr AUG A3/ A3SF

Pabrikan
Steyr Mannlicher
Kaliber
5,56 x 45 mm
Laras
16,375 inci
Rifling
6 groove, twist 1 : 9, right hand
Bobot kosong
3,6 kg


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya... Semoga Bermanfaat!!