animasi blog
Defender Black Blue
Selamat Datang di Blog Seputar Militer

Senin, 26 Desember 2016

SIG SAUER MCX



Proyek SIG SAUER MCX dimulai 2011, yang pada awalnya dibuat desainer Ethan Lessard atas permintaan kesatuan khusus di Amerika yang meminta senapan modular yang mampu mengadopsi peluru .300 Whisper. Ethan Lessard kemudian pindah ke pabrikan SIG SAUER  sambil membawa proyek itu. Apa yang diawali dari proyek mencari senjata untuk satu peluru spesifik akhirnya berevolusi menjadi proyek MCX, senapan serbu yang dapat disediakan dalam multikaliber yaitu 5,56 x 45mm, .300 BLK, dan tentu saja 7,62 x 39mm M43 ComBloc yang merupakan peluru senapan serbu AK-47.


Dari sini saja sudah kelihatan tantangan besar. Mengakomodasi peluru masih bisa diakali dengan penggantian bolt, tetapi bentuk magasin 5,56 x 45mm NATO jelas sangat berbeda dari magasin 7,62mm ComBloc melengkung bak pisang. Memasang magasin yang didesain menampung peluru 7,62mm ComBloc ke lubang dimampatkan bersama bolt carrier yang mundur akibat penembakan.

Pada MCX, buffer tube dihilangkan dan sebagai gantinya menggunakan dua pegas pengembali. Satu dibelakang carrier dan satu lagi di sebelah kirinya. Penggunaan dua pegas ini melembutkan hentakan daya tolak balik sekaligus menghilangkan kebutuhan buffer tube yang memanjang keluar.MCX pun bisa tampil lebih ringkas dan memuaskan pengguna yang butuh senjata kompak. Akibatnya, tersedia banyak opsi popor untuk MCX dimana SIG menyediakan dudukan rel Picattiny vertikal di ekor recevier.

Yang satu ada popor lipat polimer berbentuk rangka (wire stock) yang dapat dilipat ke kiri, atau popor tarik yang relnya disediakan pada slot cerukan horizontal di atas recevier, tepat di bawah rel dudukan optik. MCX didesain dengan segi ergonomi seperti submachinegun HK MP5SD digabungkan dengan M4, seperti permintaan kesatuan awal yang memesan. Oleh karena itu, dengan lubang keluar selongsong pun terpaksa dipindahkan  lebih ke bawah.

Pada akhirnya, jika ada pengguna menginginkan popor tarik klasik ala M4, SIG menyediakannya. Cara buka recevier MCX sama seperti M4, dengan melepas pin pengunci lalu recevier atas dan bawah dapat dibuka. Kontrol recevier seperti tuas selektor moda penembakan dan tombol rilis magasin disediakan pada kedua sisi untuk mengakomodasi penembak kidal.

Perubahan internal lain yang tak kelihatan adalah steel cam pin yang dipasang pada pelat kecil sisi kiri recevier dan bisa diganti – ganti dari bahan stainless steel, mengingat komponen ini sering aus apabila pengguna memakai peluru dengan selongsong baja jamak ditemui pada peluru 7,62 x 39mm khususnya buatan Tiongkok.Steel cam pin yang bisa diganti saat aus didesain agar recevier atas MCX dapat bertahan melewati 50.000 kali penembakan. MCX dioperasikan dengan sistem piston, dimana batang piston dan bolt carrier dilapisi nikel boron untuk meningkatkan keandalannya. Berbeda dengan senapan serbu lain, gas block pada MCX ditempatkan pada posisi relatif dekat dengan kamar peluru, didesain dengan fokus utama pada pengoperasian MCX dengan peredam suara.Pengguna dapat mengatur jumlah gas yang mengalir ke sistem melalui tuas di kepala tabung gas, yang dapat dipilih antara moda normal atau supresed atau berperedam. Sama seperti senapan serbu lain, moda berperedam akan mengalirkan lebih banyak gas ke kepala piston.

Laras menggantung bebas sehingga akurasi meningkat. Handguard dibuat dengan banyak lubang buatan KeyMod, lubang untuk menempelkan rel Picattinny disediakan tiga kuadran di sepanjang handguard. Namun bila pengguna menginginkan handguard merk lain, misalkan yang langsung berupa rel Picattinny, SIG juga menyediakannya. Pemasangan handguard ditempelkan  ke blok recivier melalui slide di bawah rel kuadran atas, lalu tinggal kunci melalui takedown pin.Bagian depan handguard terbuka lebar sehingga peredam suara dapat dipasang langsung ke laras, memberikan ilusi bahwa MCX menggunakan laras berperedam integral layaknya HK MP5SD.

Laras MXC dibuat sama seperti SIG 550 yang legendaris melalui teknik tempa dingin dan diberi perlakuan nitrifikasi sehingga umur pakainya panjang. Untuk memfasilitasi penggantian jenis peluru, salah satu yang harus dilakukan adalah mengganti laras MCX. Caranya dengan melepas handguard, kemudian bolt MCX dikokang ke belakang sampai terkunci. Lalu lepaskan dua sekrup hex di sisi kanan dekat kamar peluru. Begitu sekrup dilepas, laras bisa dicabut bersama tabung gasnya.

Selain laras, penggantian kaliber peluru cukup dilakukan dengan mengganti bolt carrier. Agar tidak tertukar, bolt carrier pada MCX diberi marking berupa jenis kaliber yang digunakan agar jangan sampai terjadi insiden salah peluru. Terakhir, pengguna tinggal memasukkan magasin dengan  peluru sesuai bolt carrier dipasang.

SIG meriset dan berhasil mengembangkan magasin polimer untuk peluru 7,62 x 39mm ComBloc yang berjodoh sama serasinya (Eakk...baper nih gw) magasin aluminium standar M16 pada lubang magasin MCX. Pemasangan optik pada MCX disediakan pada rel atas MCX yang memanjang dan menyatu dengan recevier atas sampai depan. SIG menyediakan ragam sistem optik refleks dan termal buatan sendiri. Tetapi dalam paket pembelian hanya disediakan pisir dan pejera lipat yang sudah menganut sistem QD (Quick detach) dengan menempel pada senjata.

Terakhir, SIG MCX yang dibeli Brimob tampak menggunakan konfigurasi SBR laras 10 inci dengan KeyMod handguard. Beda dengan standar, SIG MCX SBR milik Brimob sudah menggunakan popor aftermarket buatan SIG yang merupakan popor teleskopik dan bisa dilipat dengan kode STOCK-X-FOLD-TELE-BLK.Selain bisa dilipat dengan menekan tombol pada pangkal popor yang menempel ke recevier, popor ini bisa ditarik dan disetel panjangnya dalam enam posisi. Pada sisi bawah terdapat adaptor yang bisa dipasangi magasin cadangan, lengkap dengan tombol rilis magasin yang mengunci magasin tetap pada tempatnya. Apabila tidak diperlukan, adaptor dapat dilepas.

Kenyamanan saat menembak disediakan oleh lapisan karet pada bagian popor yang ditempelkan ke bahu untuk menyerap hentakan. Untuk aksesoris SIG MCX yang dibeli Brimob sudah jelas kompatibel dengan aksesoris SIG 516 yang sudah dibeli terlebih dahulu.

Spesifikasi SIG SAUER MCX

Pabrikan
SIG SAUER
Kaliber
5,56 x45 mm/ 7,62 x 39 mm/ .300 BLK
Panjang laras
10 inci termasuk muzzle brake
Bobot
2,6 kg
Panjang
73 cm
Twist laras
1 : 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya... Semoga Bermanfaat!!